Dream: The Beginning

by - Maret 25, 2019

22 Maret 2019 tentunya jadi one of the best day in my life. Rasanya lega banget bisa lepas dari beban tes-tes selanjutnya. Tapi ternyata hari selanjutnya banyak juga dong pikiran-pikiran yang terbesit.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Bener, aku emang gapunya mental kuat. Gampang banget down, gampang banget ngerasa gabisa. Jujur aja sih, kelas 12 awal aku optimis bisa lolos SBMPTN. Tapi apa coba, aku udah les malah semakin pesimis. Ada dua mapel yang ga aku kuasai sama sekali. Bahkan di USBN aja ga sampek 30 dong nilaiku—nggilani, I know. Gila aja sih kalo aku tetep ngebet ke SBMPTN, apalagi jurusan yang aku pengen grade sama peminatnya tinggi banget. Dua kali ikut try out SBMPTN pun masih jauh banget nilainya. Udah mau nyerah aja rasanya. Plan mau ngegagalin SNMPTN pun hilang udah :))

Beberapa hari sebelum pemetaan SNMPTN aku udah bener-bener fix mau ambil yang aku pilih, pilihan 1 Farmasi UB pilihan 2 teknologi pangan UB. Ortu udah setuju dan aku pun nyoba survey orang-orang juga gaada yang milih kesitu. Hari pemetaan pun tiba, udah santai banget ini akunya :)). Dan, hmmmm ternyata ada nilai diatasku tertulis di lembar Farmasi UB. Nangis? iyalah anjiw. Bener-bener down saat itu. Rasanya tuh kek 'udah lu gaboleh daftar disini, nyadar diri aja'. Udah hopeless rasanya. Sementara aku masih nulis pilihan pertamaku jadi geser ke teknologi pangan UB. Tapi tentunya gabisa dong aku mutusin secepat itu. Akhirnya jadi bolos pendalaman deh waktu itu, pengen cepet pulang cepetan ngomong ke ibuk. 

Udah sampe rumah bingung dong astaga ibu iya-iyain aja mau aku kemana. Tapi aku balik lagi merenung apa sih yang aku pengen? Beneran cocok sama kemauanku ga sih ke teknologi pangan? Dan, iya masih tetep menang farmasi yang aku pengen. Tapi gimana? Harus gimana? Kalo SBM ku gagal gimana? 40jt gimana? Huft. Mau mandiri pun ortuku sebenernya mau usahain buat bayarin, tapi 40jt++ itu bener-bener gede buat diinvestasiin ke aku. Kalau aku bisa ngusahain yang gratis, kenapa ortuku harus bayar segede itu? Dari sd sampe sma pun aku juga ga yang bener-bener belajar beneran. Nah ini malah sekolah 40jt++, kalo aku ga belajar sungguh-sungguh sama aja boong deh. Akhirnya dengan segala pertimbangan yang ada, egoku turun. Farmasi UB sama Farmasi Unej akreditasinya sama, kenapa ngga kesana aja? Gengsi ya? Iya. Jujur aja. Tapi ya bodo amat aja deh udah daripada aku harus nanggung ditolak SBMPTN dan bikin ortu bayar gede banget. Toh, juga sama-sama PTN. Ntar lari ke swasta juga sama aja bayar mahal. 

Akhirnya aku pun fix milih Farmasi Unej jadi pilihan satu-satunya, dengan harapan pilihan itu bisa nganter aku jadi apoteker. Setelah daftar SNMPTN, hilang banget rasanya motivasi buat belajar SBMPTN. Susah banget, capek. Fisika tuh apa sih? Kenapa sesusah itu? :'). Singkat cerita aja deh aku keterima di Farmasi Unej! Seneng? Seneng dong. Bahkan waktu itu aku langsung cus ke Blitar sama ibu beli kain buat wisuda, udah serasa gaada beban aja gitu. Seneng aja deh pokoknya! Tapi hari selanjutnya muncul deh sifat-sifat jelek manusia.

ITS, UGM, UB, UNAIR. Hmmm. Jember? Hmmm. Rasa-rasa iri dan dengki udah ngalir ini tuh. Ini bener aku cuman dapet Jember? Universitas yang bukan top 10? Beneran? Udah bagus ga sih aku sekolah disini? Aku berusaha dong yakinin diri sendiri tanya sana lah tanya ortu lah 'apik ga to wesan aku sekolah neng kene?' :'). Tapi ya gimana univ yang ada farmasinya juga dikit dan kebanyakan masih baru, akreditasi masih C. Udah untung aja deh aku masuk sini, PTN nya udah A walaupun akreditasi prodi masih B (semoga sebelum lulus udah naik A ya). Emang ya manusia itu tuh serakah banget wkwk. Udah dikasih lebih masih iri aja.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ada pelajaran yang bisa aku petik dari sini. Kita harus bener-bener tahu apa sih yang kita perjuangin. Selain itu, ngukur kemampuan kita juga hal penting banget. Jangan maksain diri. Kalau emang kita ga diberi kemampuan untuk ngelakuin suatu hal, yaudah tinggal aja. Ya ga semata-mata langsung ninggal gitu aja sih. Cari solusi yang lain tapi tetep mengarah ke tujuan. Kalau tetep dipaksain bisa-bisa kita sendiri yang capek dan akhirnya stress hanya untuk sekedar memenuhi ekspektasi kita. Ada lagi yang paling penting. Jangan sering-sering lihat keatas. Waktu tahu aku diterima rasanya seneng banget kan? Tapi setelah lihat orang-orang diatasku rasanya gimana? iri, ngerasa kurang, kebahagiaan ilang begitu aja. :)) Intinya sih, ngga bersyukur=kebahagiaan hilang.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Lastly, I wish I can reach my dream with this path God has give me without any obstacle. I will. Bismillah.

part 3, soon









You May Also Like

2 komentar

  1. "A negative mind will never give you a positive life"
    Selamat kak melin.., terus maju kedepannya, suksess trus...😉
    UB sama UNEJ sama aja kok nanti juga tergantung belajar dan kerja kerasnya.

    BalasHapus