Review: Money, Honor, Beauty and Sky Castle.

by - Maret 26, 2019



Sky Castledrama pertama di tahun 2019 yang aku tontonsukses banget bikin aku enggak nyesel nontonnya. Awalnya males mau nonton drama ini karena oppa-oppanya dikit, cuman ada chanhee SF9 aja dan episodenya sampe 20. Tapi akhirnya nonton juga karena gila sih rame banget di twitter dan beberapa member BTS rekomendasiin drama ini coba, gimana ngga penasaran? Dan ternyata emang bener drama ini worth to watch!

Drama ini menduduki peringkat pertama untuk rating drama korea di tv kabel, loh. Dilihat dari ratingnya bisa dibilang kalau drama ini fenomenal banget. Sky castle engga nyajiin kesan drama korea yang romantis ala-ala oppa gitu. Ya ada juga sih sebenernya tapi engga mencolok, kalian bakalan lebih fokus sama konfliknya, percaya deh. 

Cerita yang Relatable Banget di Korea
Mungkin ini alasan utama kenapa drama ini bisa sampai puncak atas. Jadi, Sky Castle ini mengusung cerita tentang kehidupan kaum sosialitanya korea gitu. Sky Castle sendiri itu nama sebuah kompleks mewah yang dihuni oleh profesor-profesor aja. Ada lima keluarga yang bakal diceritain kisahnya di drama ini. Denger kata sosialita mungkin kita bakal mikir tentang kemewahan, orang angkuh, dan lain sebagainya tapi drama ini sebenernya juga menekankan tentang pendidikan di Korea. Dari judulnya aja kalau kalian anak kekoreaan banget mestinya tahu arti dari SKY, apa hayo? Jadi, SKY itu akronim dari tiga universitas unggulan di Korea, Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. Mahasiswa atau alumni SKY bakalan dihargai banget di lingkungan sosial sana. Makanya murid SMA di Korea ambisius buat masuk SKY. Buat kalian yang ngeluh capek pendalaman itu ga ada apa-apanya, loh. Di korea pulang sekolah bisa sampe jam 10 malem! Fyi aja ya, isu tentang universitas unggulan ini dijadiin inspirasi dari lagu BTS-N.O. Coba deh kalian resapi arti liriknya biar tahu gimana sih pengaruh sosial pendidikan di Korea sana.

------------------------------------------------------------------------
Awal cerita drama ini dari pesta yang dibuat untuk ngerayain keluarga Park Soo Chang karena anaknya—Park Young Jae berhasil masuk kedokteran SNU. Semua keluarga di kompleks Sky Castle datang ke acara itu . Tentunya acara itu ngga semata-mata cuman ngerayain doang kan, pasti ada maksud di balik itu semua, yaitu biar tahu rahasia Young Jae bisa masuk kedokteran SNU.



Keluarga yang paling disorot di drama ini keluarga Kang Joon Sang. Anaknya, Kang Ye Seo ngebet banget masuk ke kedokteran SNU kayak ayahnya dulu. Keluarga ini ambisius banget, mulai dari nenek sampai cucunya. Nenek atau ibunya Kang Joon Sang ini pengen buat dokter 3 generasi di keluarganya. Kebetulan banget cucunya, Ye Seo juga pengen masuk kesana. Nah, namanya juga seorang ibu pasti akan ngedukung anaknya kan? Disini ibunya Ye Seo—Han Seo Jin ambisius banget buat ngebawa anaknya menuju ke SNU. Karena keluarga mereka kaum berduit jadi mereka investasikan ke pendidikan anaknya. Bimbel ratusan juta silahkan yang penting masuk SNU!


Konflik Padat nan Rumit
Mungkin kalian bakal nebak bahwa drama ini bakal ngusung konflik persaingan antar siswa, pokoknya semua terpusat pada seluruh kehidupan tokoh remajanya. Sayangnya, Sky castle ngga ngusung konflik sesimple itu. Episode awal drama ini mungkin agak ngebosenin walaupun ada scene-scene yang penting. Salah satunya scene Han Su Jin nyari tutor buat Ye Seo. Dan ngga main-main dong, nyari guru les doang harus pake undang VIP dari perusahaan. Kebayangkan gimana prestigiousnya les-lesan mbak Ye Seo. Tentunya orang-orang yang investasiin banyak ke pendidikan anaknya tuh juga kaum-kaum elit dari kompleks lain mungkin haha.

Konflik mulai kelihatan saat ibunya Park Young Jae bunuh diri. Semua keluarga di Sky Castle tentunya shock dong mengingat keluarga Park Soo Chang tuh panutannya seluruh keluarga karena mereka berhasil masukin anaknya ke SNU. Beberapa hari setelah pemakaman, Han Seo Jin nemu suatu petunjuk kenapa ibunya Park Young Jae bunuh diri. Han Seo Jin kaget bukan main, langsung dia mecat tutor lesnya Ye Seo. Nah, loh. Apa hubungannya sama tutor les Ye Seo?

Dari konflik tersebut mengakarlah ke segala konflik-konflik lainnya. Konfliknya ga bakal aku ceritain nih biar kalian lihat sendiri gregetnya drama ini. Tapi boleh deh aku kasih potongan scene-scene yang ngeselin.
Siapa ya ini?

why I should kill you?

Yes, she is.

?????

????????

ini ngakak sih

tangis haru ibu

tatapan bapak

kemarahan bapak

kesedihan ibu

Karakter Tokoh yang Beragam
Semua drama maupun film pasti ada tokoh antagonis maupun protagonis, begitu juga di Sky Castle ini. Tapi apasih yang bikin drama ini ngeselin banget? Normalnya sih kalau kita nonton drama bakalan ada tokoh protagonis, kita bisa bener tahu gitu lho kalau dia itu emang baik dan yang antagonis itu emang jahat. Dinding antara sifat protagonis dan antagonis tuh keliat jelas. Tapi hal itu nggak berlaku di drama ini. Di episode awal-awal kalian emang bisa bilang oh ini jahat oh itu baik. Tapi setelah banyak konflik yang mulai menjalar, kalian bakalan dibikin bingung deh. Dia jahat tapi dia ngelakuin itu karena suatu hal, kasihan. Dia baik tapi kenapa sih ngurusin masalah orang lain dan bikin tambah runyam. Bingung kan? Karakter tiap tokoh itu keliatan realistis banget karena nunjukin naluri alami manusia. Kebanyakan tokoh protagonis selalu terima aja sama keadaannya, tapi di drama ini enggak. Dan tokoh antagonis pun juga masih ada naluri manusia yang masuk akal. Latar belakang tokoh juga diceritaiin cukup jelas dan itu poin penting dari pengembangan karakter tokoh di drama ini. Yang jelas seluruh tokoh di drama ini bener-bener ngaduk emosi penonton!

Perlu diinget ya, tokoh-tokoh di drama ini bukan cuman kek di gambar pertama. Masih ada lagi tokoh dibalik itu semua yang jadi salah satu konflik gede di drama ini. Siap-siap emosi aja deh kalau nonton drama ini!

Review Subjektif
Dari review diatas sebenernya ada kelemahan dari drama ini tapi aku masukin ke reviewku yang subjektif. Mungkin ada orang yang okay-okay aja tapi menurutku itu sebuah kelemahan. Agak spoiler nih, jadi di drama ini tuh rahasia-rahasia gede tuh gampang banget ketahuan. Scene kayak gitu pun menurutku terlalu banyak , kesannya jadi konflik itu seakan dipaksain kebongkar. Tapi masih tertutupi sih sama konfliknya yang beneran rumit.

Aku sendiri juga kejebak sama karakter-karakter tokoh di drama ini. Menurutku ngga ada yang bener-bener baik dan ngga ada yang bener-bener jahat. Bahkan setelah selesaiin seluruh episode aku malah kesel sendiri sama karakter protagonisnya. Riweh banget emang ini drama tuh, bener-bener drama :(

Menurutku yang jadi faktor terkuat di drama ini masih tetep konflik dan karakter tokohnya. Konfliknya bener-bener kompleks dan berhubungan erat dengan latar belakang dan karakter tokohnya. Selain itu tema sosial pendidikan yang diusungpun menambah keunikan sendiri di drama ini. Ngga melulu soal percintaan. Dan itu sukses untuk menarik perhatian general public Korea dan penggemar drama Korea di seluruh dunia!

Overall rating=9/10








You May Also Like

2 komentar