Note Taking!

by - April 13, 2019



 Catatan yang menarik tentunya akan membuat kita lebih semangat belajar bukan? Tulisan yang rapi   dan berwarna tentu membuat kita terkesan saat membacanya. Bagaimana sih sebenarnya membuat  catatan yang rapi dan lucu? Jika kita mencari inspirasi di pinterest atau di tumblr tentu 'wah, ini susah banget, alat-alatnya mahal'. Kalau diibaratkan, inspirasi note taking di berbagai sumber itu levelnya udah advance-pro. Nah, disini aku mau ngasih tips-tips untuk kalian bagaimana membuat catatan rapi dan berwarna di level intermediate, jadi ngga akan sulit buat kalian untuk nyoba. Level beginner? kalau level beginner mah cuman pake pulpen item aja ya. 

1. Niat
Ini mungkin terdengar klise tetapi ya memang inilah kunci utama. Niat yang aku maksud disini, kalian bener-bener ingin nyelesaikan catatan kalian. Tidak ada kata 'bosan', 'ntar aja deh', 'ah males'. Kalau udah gitu mah yakin deh catatan kalian bakal ga keurus. 

Selain itu manajemen waktu juga harus diperhatikan. Jika kalian ingin catatan kalian selesai sewaktu dengan saat memberi materi tentunya akan sulit. Lebih baik kalian mencatat dulu di buku lain lalu bisa disalin di rumah. Atau kalian juga bisa langsung menulisnya di buku catatan tetapi bagian-bagian seperti judul, sub-judul bisa kalian tulis dulu menggunakan pensil. Di waktu istirahat barulah bagian itu diganti dengan menggunakan tulisan yang lebih menarik. Jangan terlalu sibuk mencatat saat dijelaskan materi oleh guru ya!

2. Peralatan
Nah sekarang aku mau jelasin berbagai peralatan yang bisa menunjang catatan kalian. 

Pena
Ini kalian wajib punya ya. Kalian bisa pakai pulpen gel atau bolpoin harga berapapun merk apapun yang penting cocok dengan kalian. Snowman yang gel dua ribuan itu enak juga kok dipake, udah habis banyak banget aku mah pulpen itu. Pulpennya miniso juga enak tapi mahal sih sepuluh ribuan. Kalau kalian punya uang lebih, bisa juga beli calligraphy pen. Worth banget loh beli itu.

Pensil
Ini kalian juga wajib punya. Pensil yang biasa itu bisa kalian buat untuk pola bikin tulisan maksudnya kalau kalian ga berani langsung nulis pake pulpen bisa pake pensil dulu. Pensil warna bisa dipake buat ngehias catatan kalian nanti. Banyak kok pensil warna yang murah sekitar belasan ribu buat yang isi 12 warna.

Highlighter/stabilo
Paling ngga kalian punya 1 atau 2 di kotak pensil kalian. Kenapa? Stabilo ngga cuman buat catatan kalian tapi juga bisa untuk ngehighlight materi penting di buku atau lks kalian. Ada warna-warna neon dan pastel, untuk mencatat aku saranin pake yang warna pastel biar catatannya soft gitu wkwk. Untuk harga kira-kira sekitar enam ribuan bisa dapet kok. Kalau mau yang pricey kalian bisa beli mildliner, worth it kok. 

Washitape
Ini ngga wajib, tapi kalau kalian punya uang lebih bisa deh beli. Lumayan mahal kalau kalian cari di olshop atau di toko alat tulis, sekitar belasan sampai puluhan ribu satu rollnya. Tapi gausah khawatir, aku nemu ini washitape-look a like wkwk. Beda kualitas tentunya tapi bagus kok buat ngehias. Satu rollnya seribuan, bisa beli sepaket juga. Aku beli di restu Blitar.

Spidol
Bisa banget buat ngehias catatan kalian. Aku lagi gapunya tapi pastinya kalian tahu lah ya spidol kek gimana. Aku gapunya karena di mildliner sama tombow udah ada fine liner nya gitu. Ini salah satu hack loh buat kalian yang pengen catatan bagus tapi ga perlu mahal-mahal, beli spidol saja! Nanti aku jelasin lebih lanjut kenapa spidol bisa dipake gantiin alat lain.







Brushpen
Aku gabisa ngewajibin punya ini, tapi ya paling ngga beli satu dua gitu wkwk. Aku ulas satu-satu ya yang aku punya aja tapinya.

Tombow
Ini brushpen paling mahalku makanya cuman punya tiga doang wkwk. Di olshop aku pernah nemu yang paling murah 18 ribuan. Kalau di offline store bisa sampek 30 ribuan. Ini enak banget dipakenya, ada fine linernya juga. Tapi aku ga terlalu saranin untuk beli ini buat pertama kali.

Koi
Ini juga mahal gais. Aku beli di gramedia waktu itu sekitar 20 ribuan lebih, di olshop lebih murah tentunya. Ini sama enaknya kek tombow cuman ini gaada fine linernya.

Snowman
Yang ini paling merakyat sih. Cuman sekitar empat sampai tujuh ribuan harganya. Ini enak juga dipake tapi ada juga yang gaenak dipake. Menurutku brushnya ada yang lentur ada yang keras gitu deh. Terus ini juga lebih berair gitu kalau dibuat nulis. Kalian bisa beli ini untuk pertama kali pake brushpen, pilihan warnanya banyak yang soft kok.

Artline
Brushpen pertamaku, harganya sekitar delapan sampek sepuluh ribuan. Pilihan warnanya ngga terlalu banyak. Brushnya ngga terlalu lentur trus juga gampang njlabrut gitu wkwk apasih kek rusak gitu deh pokoknya brushnya.

 Binder
Ini yang paling umumnya, nyatet di binder. Binder ini ada ukurannya juga ya, A5 sama B5. Jumlah sama bentuk ringnya juga beda-beda.  Untuk isi bindernya pun juga beragam, ada yang polos, grid(kotak-kotak), dot(titik-titik) dan garis. Ini contoh punyaku yang polos. Bisa kalian cari sendiri di olshop ya yang jenis lainnya, sekitar belasan ribu untuk 50 lembar.


▶ Buku
Buku banyak banget kan ya jenisnya. Karena ini cuman intermediate level dan meminimalisir budget, pake buku tulis biasa bisa banget kok. Aku saranin pake big boss karena itu ngga ghosty(tembus). Malah merk yang lebih mahal bikin ghosty. Kalau ngga ingin di buku tulis bisa pake banyak macem ya, yang kek notebook, jurnal, banyak banget kok.


3. Handwriting
Kunci utama dari catatan kalian. Untuk di level ini paling ngga kalian bisa nulis latin deh, di TK udah diajarin kan? wkwk. Nih, aku bikinin guidenya. Ngga perlu sama persis loh ya, yang penting tulisan kalian kek tulisan latin gitu deh. Waktu TK dulu sih ngatainnya tulisan kandel tipis (tebal tipis), itu kuncinya nulis latin. Tulisan model ini bisa diaplikasiin pakai brushpen, calligraphy pen, pulpen, spidol bahkan stabilo.




Kalau kalian belum punya brushpen atau calligraphy pen, kalian bisa pakai hack ini. Bisa dilihat itu yang tombow (calligraphy pen) lalu sampingnya tulisan yang dibuat pake pulpen biasa. Jadi, kalian bikin kayak pola gitu, tebal tipisnya. Nah, dibagian tebal itu nanti kalian isi pakai pulpen atau spidol. Lumayan memakan waktu sih. Kalau punya uang lebih, kalian pake beli calligraphy pen aja, worth sekali sekitar 20 ribuan. Gampang banget makenya, asal kalian bisa nulis latin, tentu bisa lah ya.

Di bawah itu ada basic handwriting aku atau bodynya catatan aku gitu. INI KUNCI UTAMA CATATAN KALIAN. 

Itu aku perjelas lagi ya gimana basic handwriting aku. Aku nulis di binder polos tanpa bantuan garis ya. Kunci utama catatan rapi itu bukan bagusnya bentuk tulisan kalian tapi bagaimana konsistensi kalian saat menulis. Menurutku bentuk tulisan tiap orang itu beda-beda sama kek kepribadian orang juga beda-beda. Ada yang kek serabut, bulet, runcing, lebar, itu sama aja sebenernya. 

Konsisten yang aku maksud disini tuh bentuk atau font kalian itu sama terus gitu. Ini sulit, bahkan aku aja gabisa loh. Banyak temen-temenku yang bisa konsisten banget. Jadi kalau bentuk A nya gitu dari akhir juga A nya kayak gitu terus. Kalau kalian nulisnya buru-buru ngga mungkin deh bisa konsisten. Nulisnya harus santai, luwes, nggausah terlalu kaku kek ngebatik juga.

Yang selanjujtnya yaitu naik turunnya tulisan. Kalau pakai kertas garis kalian bakalan lebih terbantu. Tulisan kalian bisa tetep lurus gitu. Tapi kalau keburu-buru, pakai kertas bergarispun masih bisa miring tulisannya.

Kalau kalian pingin latihan buat nulis lurus gini, bisa coba nulis di kertas polos tanpa bantuan ngegambar garis. Akupun masih miring kok di beberapa tulisan kek di contoh itu. Sedih.

Kalau judul kalian dibuat menarik tentunya seluruh catatan bisa terlihat menarik juga. Kalian bisa pake apapun spidol, brushpen, calligraphy pen, atau stabilo. Tergantung kreativitas kalian, di pinterest atau tumblr juga banyak contohnya kok. Basicnya kalian harus bisa nulis latin. Ngga pake tulisan latin juga bisa sebenernya asal kalian bisa buat mencolok gitu.


Kalian bisa gambar itu di bagian atas catatan atau sebagai pemisah juga bisa. Buat ngehias atau sekedar ngisi bagian yang kosong aja. Di pinterest atau tumblr banyak contohnya!

4. Eksekusi
Setelah kalian udah punya niat, peralatan, dan basic handwriting, sekarang saatnya buat bikin catatan. Untuk aku sendiri prefer buat catatan pakai satu warna, kalau kalian pingin banyak warna juga boleh. Ini masih gampang diikutin kok, ngga se-advanced tutorial yang di pinterest, tumblr, youtube. Format catatannya juga bisa terserah kalian, yang aku buat ini yang paling sering aku pakai. Aku buat step by stepnya nih.

peralatan yang aku pakai


1. Menulis Judul
Buat semenarik mungkin! Cari referensi di berbagai sumber atau dari kreativitas kalian sendiri. Bisa dihias juga pakai gambaran ornamen atau washitape.



2. Menulis Definisi Judul
Tulis ini di bawah judul ya. Terserah mau di tengah atau pinggir atau dimana aja. Yang penting ada di posisi paling atas, biar kalian tahu maksud dari judulnya lebih awal.


3. Sub-Judul 
Sub-judul ini juga harus ditulis mencolok ya. Kalian kreasikan sendiri, bisa ditulis trus dikasih background warna, bisa dihighlight, bisa dikasih banner. Tapi ukurannya jangan melebihi judul ya. 


4. Catatan Tambahan
Catatan ini bisa kalian beri banner agar lebih kelihatan. Untuk memudahkan kalian belajar gitu ceritanya. Bisa kalian tulis juga di sticky notes lalu ditempelkan. Bisa juga yang kayak rumus-rumus gitu kalian beri banner biar lebih kelihatan gitu, jadi enak buat dihafalinnya.



5. Materi
Basic handwriting kalian bakal kelihatan disini. Ingat ya, harus konsisten. Bentuk sama dan ga boleh miring. Letak penulisannya atau formatnya bisa terserah kalian juga ngekreasikannnya. Intinya ngga usah terlalu kaku bikinnya. Kalau ngga ada inspirasi bisa langsung cus ke pinterest atau tumblr.

Untuk membuat grafik, tabel atau gambar-gambar lainnya, kalian harus niat juga ya. Maksudnya kalian pake penggaris gitu bikinnya. Dikasih warna juga, jangan polosan. Kalau kalian ngga bisa ngegambar, misalnya gambar-gambar biologi gitu mending kalian print gambarnya terus ditempelin. Tapi bakalan lebih menarik kalau kalian gambar sendiri sih trus dikasih warna juga gitu, level advanced sih ini mah.


5. Harus Penuh
Catatan kalian harus penuh satu lembar dulu ya sebelum ganti ke lembar lainnya. Kalau catatan kalian bisa penuh, itu bisa memberi kesan rapi dan padat gitu. Dan kalau banyak space kosong gitu rasanya kurang menarik aja dilihat. Kalau catatan kalian selesai ga sampe menuhin kertas, jangan lanjutin judul atau materi lain ya. Materi lain bisa ditulis di lembar selanjutnya biar lebih tertata.


6. Finishing
Jika catatan kalian sudah selesai tapi masih ada space kosong, bisa kalian tambah ornamen-ornamen yang simple. Bisa kalian gambar sesuatu, ditempel stiker, atau ditempel washitape. Banyak banget cara buat ngedekorasi. Cari referensi di pinterest atau tumblr, keywordnya "doodle ...."


Nah, sudah selesai deh stepnya. Aku rasa ini bisa banget dicoba. Ngga terlalu susah dan mahal.
Informasi pentingnya aku rangkum ya.
1. Harus niat
2. Bisa banget lettering pakai spidol, caranya buat pola dulu lalu diisi bagian tebalnya.
3. Brushpen ada yang murah=harga satu pensil fabercastle
4. Banyak banget referensi untuk buat judul.
5. Kunci utama catatan rapi=basic handwriting. Harus konsisten.
6. Tabel, grafik, gambar harus diperhatikan juga. Jangan ngasal.
7. Format catatan bisa dibuat macem-macem.
8. Catatan harus penuh dan padat. Bisa didekorasi dengan banyak cara.
9. Mencari referensi juga diperlukan.
10. Jangan ngebatik waktu masih diterangin guru.

Semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya!











You May Also Like

2 komentar