Kritik Seni: "Kakak dan Adik" karya Basuki Abdullah

by - April 13, 2019




source: galeri-nasional.or.id
“ Kakak dan Adik “
Karya : Basuki Abdullah
Tahun : 1971
Ukuran : 65 cm x 79 cm
Media : Cat Minyak

Deskripsi
Gambaran dua sosok kakak dan adik terlukis jelas pada lukisan ini, sesuai dengan judulnya.  Kedua sosok tersebut digambarkan dengan anak perempuan sebagai kakak dan anak laki-laki sebagai adik. Sang kakak terlihat sedang menggendong adiknya. Ekspresi mereka berdua terlihat datar dan menghadap ke depan. Secara keseluruhan, lukisan ini meggunakan warna-warna coklat sehingga terlihat temaram. Lukisan ini cukup sederhana namun detail pada objeknya terlihat sangat rapih.

Analisis Formal
Pada lukisan ini dapat dilihat bahwa warna coklat sangat mendominasi. Selain itu, terdapat campuran warna-warna gelap lainnya seperti, hitam. Objek dari lukisan ini dominan dengan warna coklat dan latar belakangnya pun juga coklat namun lebih gelap. Hal itu menjadikan lukisan ini terlihat lebih menyatu dan seimbang. Garis-garis yang digambarkan pada objek lukisan ini terihat realistis, pelukis terlihat sangat menguasai dalam menggambarkan anatomi tubuh. Objek terlihat sangat proporsional dan realistis. Dari segi keseimbangan dari keseluruhan lukisan, lukisan ini sudah sangat seimbang. Gambaran kedua objek tersebut dapat memenuhi bidang kanvas tersebut dan menjadi objek utama yang menarik perhatian walaupun tema lukisan sangat sederhana.

Interpretasi
       Dapat terlihat bahwa lukisan tersebut menggunakan objek dua bersaudara sebagai tema dari lukisan. Warna coklat yang mendominasi membuat lukisan ini terlihat hangat dan tenang. Penggunaan warna tersebut bermakna bahwa dalam keseharian dua bersaudara selalu ada ketenangan dan keluguan diri dari masing-masing saudara. Ekspresi dari kedua objek tersebut dilukiskan dengan raut muka datar dan pandang yang kosong namun menatap ke depan. Hal tersebut bermakna bahwa dalam ikatan persaudaraan selalu ada perasaan saling mempercayai dan menjaga. Selain itu, pelukis menggambarkan sosok kakak yang sedang menggendong adiknya yang berarti bahwa dalam kehidupan memanglah figur seorang kakak yang akan senantiasa membantu dan menjaga adiknya. Pesan yang disampaikan oleh pelukis sekiranya adalah kita harus saling menyayangi terhadap saudara kita. Pesan tersebut dapat mudah diterima dari lukisan ini.

Evaluasi
       Lukisan “Kakak dan Adik” ini sangatlah sederhana namun sarat akan makna. Makna dari lukisan tersebut sangat mudah untuk diterima yaitu tentang kasih sayang pada saudara. Dari penggambaran objeknya, lukisan ini terlihat sangat realistis mulai dari proporsi tubuh hingga ekspresi wajah. Goresan-goresan yang membentuk gambaran tersebut sangatlah rapi. Pemilihan warna pun juga mendukung penyampaian makna dari lukisan ini. Warna tersebut menambah kesan suasana yang hangat dan tenang pada ikatan persaudaraan. Secara keseluruhan, lukisan ini tidak hanya indah pada sisi estetika namun juga pada penyampaian makna.

You May Also Like

0 komentar