Dream: Checkpoint

by - Agustus 27, 2021







    Finally gue nulis lanjutan series dream yang sempet mangkrak hampir 2 tahun wkwkw. Di series sebelumnya ada yang pake bahasa inggris ada yang bahasa indonesia, tapi kali ini gue mau pake bahasa indonesia non-formal aja deh. Ini series tujuannya emang buat nulis perjalanan gue mostly selama kuliah, dari mulai awal berjuang sampe sekarang juga masih berjuang sih T-T. Kenapa gue tulis checkpoint sebagai judul tulisan ini? Kalo di game tuh checkpoint itu titik dimana lo bisa nyimpen progress lo, misal lo mati nih, respawn-nya ya di titik itu. Dan pasti seneng lah ya kalo dah nyampe checkpoint, tapi sebenernya perjalanan buat nyampe finish-nya juga masih jauh wkw. Nah terus apa relevansinya sama progress gue sekarang? Sekarang gue ngerasa lagi ada di checkpoint, gue udah setengah jalan ngejalanin kehidupan kuliah. Ibaratnya gue berhasil nyampe di titik di mana gue bisa istirahat bentar sambil nyusun strategi buat jalan lagi. Tapi ada yang bikin gue ngeri, karena gue udah nyampe di checkpoint, kalo gue mau respawn ya respwannya disini, bukan di titik start, yang artinya apa? Artinya gue udah gabisa balik lagi, gabisa puter balik, harus dilanjutin sampe finish. Walaupun gue capek udah ga ngerti lagi gimana buat ke garis finish tapi mau gamau harus gue selesein. Udah nyemplung ya harus dilanjutin sampe bisa mentas, kan? 

    Buset panjang bener yak intronya haha. Oke jadi disini intinya gue mau tulis semua yang gue alamin sebelum nyampe di checkpoint. Sebenernya gue udah beberapa kali berkeluh kesah sama orang-orang terdekat gue, cuman rasanya kalo ga gue tuangin semua disini kayak ada yang kurang. Dan gue pun belom pernah namanya self-appreciaton ke diri gue sendiri, so tulisan ini nanti bakal banyak praising diri gue dan mungkin banyak self-indulgencenya wkwkw. Yaudah lah ya mungkin gue masih belom sehebat orang lain, tapi tulisan ini emang gue tulis buat ngecompare diri gue sekarang dan diri gue sebelumnya, so it never tells about me vs everyone. 

    Sebelumnya gue udah pernah nulis harapan-harapan yang pengen gue capai selama di perkuliahan. Berangkat dari harapan-harapan itu ternyata banyak yang ga kerealisasi karena ada hal-hal yang tentu ngehambat gue Dari awal gue berharap bisa jadi orang yang lebih friendly dan bubbly gitu, soalnya sering gue dapet komplain, lo kok jutek banget sih kok judes banget sih kok diem aja sih. First of all, default muka gue udah kek gitu ya T-T. Apalagi kalo gue cuman diem bengong gitu udah keliatan juteknya. Gue nyoba buat approach orang-orang tapi gabisa, gue ngerasa left out kek gue ga ngerti apa yang dibahas dan kalaupun gue ngerti gue ga tertarik bahas gituan T-T. Gue terlalu picky dan berujung ga punya temen wkwk. Bener-bener shock hati dan pikiran gue. Selama SD sampe SMA gue selalu dipertemukan dengan orang-orang yang se-interest, yang punya hobi sama, yang punya kesukaan sama. Tapi boom, pas masuk kuliah gila ya gue berasa sendirian banget, berasa gue asing banget, berasa gue orang aneh, berasa gue salah lingkungan. Gue inget banget waktu itu gue pernah dipojokan kelas nonton haikyuu sendirian soalnya gaada energi sama sekali buat ngobrol sama orang baru. Bener-bener ditarik dari comfort zone sama Tuhan rasanya. Mungkin itu caranya Tuhan buat ngingetin gue supaya bisa adaptasi di lingkungan yang 100% asing buat gue, lo ga boleh pilih-pilih, apa yang ada sekarang itu yang lo adepin. Deep down tentu gue mellow ya, ya kali kehidupan kuliah gue bakal sehampa ini. Tapi gue juga sadar gue gabisa maksain buat nyiptain sirkel yang sesuai kemauan gue, bikin sirkel zhongli simp, bikin sirkel fujoshit, gabisa anjir. Yaudah lah ya, atleast gue masih punya lingkungan lain buat ketawa-ketiwi, buat sharing interest gue. Huft. Pun gue juga gabisa bener-bener sendirian buat survive di perkuliahan, namanya juga makhluk sosial kan, ngeri juga kalo gue mati sendirian di kos trus gaada yang tahu T-T. At least gue punya temen curhat, temen berprogress, temen main, that's ok, even it's just 1 or 2. I think i still can survive, and here i am sampe di titik ini alhamdulillah bisa survive,

    Nah karena gue gamau kehidupan kuliah gue hampa banget, akhirnya gue mutusin buat fokus berprogress aja selama kuliah. Gue ikutan BEM karena gue rindu suasana latihan debat pas waktu SMA wkwkw. Pas banget ada biro yang sejalan lah sama debat, yang butuh research dan speaking. Di periode pertama sih so far so good karena gue udah punya temen yang emang kenal sebelum masuk BEM, jadinya ga berasa sendirian doang disana. Selain itu, gue juga emang suka sama kerjaan gue di BEM ini. Semester 2 gue sempet terlena, karena masih awal online kan, gue jadinya main terus kek gapernah belajar pas meet juga tidur terus alhasil ip gue pas-pasan banget wkwk. Padahal anak-anak lain di semester 2 ip nya pada melejit. Tapi yaudah lah ya, pas semester 3 gue tobat deh dikit-dikit. Semester 3 ini lumayan hecticnya di praktikum kali ya, ga sedikit yang bikin gue sambat mulu ke temen gue. Pasti ada hambatan yang bikin gue mau meledak rasanya. Cuman nih ya, setelah gue ngerasain gimana semester 4, semester 3 gue kek ga ada apa-apanya anjir. Lingkungan gue di semester 3 masih kooperatif walaupun kadang emang ada yang bikin agak effort, istilahnya masih bisa gue atasin tanpa ngorbanin kerjaan personal gue lah. 

    Di akhir semester 3 ini gue sempet dibikin bimbang buat lanjut BEM apa kaga, soalnya temen gue mutusin buat ga lanjut. Sedih sih tapi gue juga gaada hak buat maksa mereka lanjut. Karena gue tipikal orang yang gabisa bikin keputusan sendiri, alhasil gue tanya-tanya dulu pendapat ke orang-orang terdeket. Nah akhirnya dapet keputusan, oke deh gue lanjut dengan asumsi temen-temen BEM pasti bakal saling bantu, gue gabakal kerja sendirian gitu lah. Dan gue ga nyesel, bakal ada berapa banyak pelajaran hidup yang gue lewatin kalo pas itu mutusin ga lanjut wkwk. 

    Tapi sayangnya, semua ga berjalan semulus itu. Di awal semester 4 gue kena musibah dimana gue harus pindah kelas. Overthinking? pasti. Tapi kalo gue inget-inget lagi gue udah sering apa-apa sendiri, jadi gue awalnya yakin bisa jadi lone wolf. Untungnya gue ada temen di kelas baru itu, cuman ya itu kelompok praktikum gue bikin nangis darah banget. Jadi bener-bener semester 4 kemaren beban dan tanggung jawab gue seabrek. Karena gue udah kebiasa ngeorganize tugas kelompok, gue pede aja things will work as what i want. Tapi ternyata enggak! Rasanya kek bener-bener diadepin sama realita perkuliahan. Handling people ga semudah itu ternyata, ngebackup everything itu bikin capek. Baru semester 4 ini gue presentasi dengan suara yang trembling wkwk. Baru kali ini gue telat kumpul tugas, dan sekalinya telat langsung telat 3 tugas, bayangin! And one of it adalah tugas individu. Iya, keteteran gue. Di saat yang sama gue juga ngerjain tugas di BEM, gue jadi ketua panitia proker. Anjir emang dah ngurusin TOR tuh mau nangis gue ya gusti. Dicecer pertanyaan sama wakil dekan tuh ajib juga rasanya. Dari itu semua gue cuman bisa pasrah dan bersyukur. Pasrah dalam artian ya kalo emang harus dikerjain ya gue kerjain, dan kalau emang ada something wrong yaudah mau gimana lagi cuman bisa dijadiin evaluasi lagi buat kedepannya. Trus kok masih bisa beryukur? Gue bersyukur masih ada orang yang mau denger keluh kesah gue, masih ada yang bantu urusan gue. Tentu ada pelajaran yang gue dapet. Gue jadi lebih bisa handle things, gue bisa ningkatin work-ethic, bisa tahu berbagai macam tipikal orang, ningkatin skill komunikasi, dan yang paling penting adalah gue diajarin gimana caranya buat stay positive di case se-worst apapun. Bayangin dah tuh gue waktunya presentasi pertama dan pptnya belom jadi, dosennya udah ada di zoom. Gilak nangis ga lo mana yang kebagian ngerjain kaga bisa dihubungin. Tapi pas itu dewi fortuna bener-bener mihak gue, urutan presentasinya dibalik. Fyuh, tapi tetep aja telat ngumpul. Trus ya pas event pertama gue, h-5 menit pematerinya kaga bisa dihubungin. Udah dihubungin hari-hari sebelumnya. Bisa apa gue? ya cuman bisa pasrah. Tapi akhirnya si dosen ini dateng juga. Sumpah bu, bener-bener bikin saya tremor loh. Dan ya. in the end things eventually work. Emang Tuhan kalo ngajak bercanda suka kebangetan. 

    Dengan kerjaan-kerjaan basic itu gue masih ngerasa kurang. Gue udah mutusin buat berprogress, dan itu harus gue realisasiin. Walaupun hasilnya sering ga sesuai ekspektasi, tapi yang namanya pengalaman itu gaada harganya. So ya, nothing to lose. Dimana ada kesempatan buat berprogress, sebisa mungkin gue ambil. Waktu itu gue nyoba ikutan lomba poster tapi belom dikasih iya sama Tuhan. Gapapa lah coba lagi ntar (tapi sekarang udah males kalo desain-desain mah wkw) Lanjut lagi gue nyoba ikutan PKM dan wow gue lolos dapet insentif. Lanjut lagi gue ikutan lomba bikin video, syukur bisa menang hehe. Lanjut lagi sekarang nunggu kabar baik debat PIMFI gue. Kalo ada diskusi-diskusi gue juga nyoba ikutan buat nambah-nambah insight. Dan lagi-lagi gue dapet pelajaran. Apa yang gue capai selama ini semata-mata bukan cuman usaha gue sendiri. Gue gabisa achieve itu sendirian, gue masih butuh orang lain. Bersyukur banget bisa dipertemukan temen-temen yang mendorong gue buat berprogress <3 Alhamdulillah lagi ip gue masih terselamatkan. Walaupun emang turun, tapi itu udah beyond my expectation banget sih kalo gue pertimbangin kegiatan-kegiatan lain juga gue capai.

    Mungkin pengalaman gue sebenernya masih basic banget tapi yaudah lah ya, gue lari-larian kek gitu juga buat bersaing sama diri gue sendiri bukan bersaing sama orang lain hehe. Dengan situasi-situasi hectic yang gue alamin, masih gue sempetin buat main tentunya. Ya kali gue kerja terus dah kek budak aja lo. Kalau ada waktu ya bakal gue gunain buat main, entah itu jalan keluar sama cowo gue, coop genshin sama temen gue, atau gue manfaatin buat tidur siang. Jompo banget dah gue pake tidur siang segala wkwk.

    Ada sedikit side story yang bikin semester 4 gue semakin ngenes. Cowo gue emang orang utama yang jadi tempat gue sharing, tempat utama buat gue mau seneng-seneng. But sadly, gue putus di akhir-akhir semester 4. Sempet bikin mental gue terguncang tentunya, 4 tahun pacaran tolong, tapi gue gaada waktu lama-lama buat sedih. Gue lebih sedih karena harus ngebackup kerjaan orang. Pelan-pelan gue bisa coping dengan kehidupan romansa gue, ya walaupun sebenernya gue butuh someone yang will always stay by my side. Tapi yaudah lah ya, mau gimana lagi. 

    That's it. Kehectican gue selama kuliah yang mostly terjadinya di semester 4, yang bikin gue pengen cabut ke dunia lain. But somehow gue bisa survive. I know it's tiring but it's worth my time. The experience i could never felt if i stay on my comfort zone, it priceless. Buat selanjutnya, semoga gue segera dapet kabar baik yang ditunggu-tunggu. Gue juga penasaran Tuhan bakal nguji gue kek gimana lagi. Gue barharap juga biar bisa selalu see positive things in every possible worst case.  Semangat, you'll make it to the finish line with the best result! 


Oh iya kelupaan, gue juga berharap segera dapet cowo baru dah, butuh support system banget ini gue astaga. Haha.




You May Also Like

2 komentar

  1. Ga pernah hectic parah selama coolyeah online, emang beda jurusan kali ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau mungkin memang anda pinter manage waktu wkwk

      Hapus