Dream: Downgrading

by - September 03, 2022





sebenernya gapengen nulis ini buat chapter dream, tapi kalo dipikir lagi kkn kan masuk sks kuliah so yeah. ini pengalaman juga masuk ke lika-liku on how i achieve my dream. kalo ditanya lebih banyak sukanya atau dukanya hmmmmm kalo jujur ya banyak dukanya. 

okey mulai sebelum penerjunan tuh rasanya udah kesel diphpin mulu ye kan sama lp2m. yang paling ngeselin tuh pas mereka ngumumin jadwal mendadak banget alhasil waktu itu gaada tiket kereta, akhirnya naik travel. dan apesnya jalanan lagi macet, nyampe jember jam 2 pagi trus jam 7 pagi langsung cus ke kampus. but okay atleast its over lah ya.

nah yang ngeselin lagi timelinenya diundur-undur mulu. gue pengennya kek ayo dong cepetan kkn cepetan kelar, gue ada waktu istirahat. tapi malah diundur mulu, untungnya mereka ngasi keringanan kknnya dipotong jadi 35 hari (DAN OMG INI SANGAT2 BERHARGA). sambil nunggu penerjunan sempetin healing dulu lah ya hehe. main dulu ke surabaya sama doi (cerita lebih lengkapnya gue tulis di postingan lain aja kali yaaa)

okey long story short, udah deket tanggal penerjunan nih. sebelum penerjunan pasti ada kumpul2 dulu mengingat DPL gue kek anjir banget. awal-awal ketemuan gue masih sebagai observan aja, pengen tau cara kerjanya anggota kelompok gue kek apa, biar gue bisa nyesuaiin nantinya. pun gue juga gamau keliatan mencolok, pengen ikut flownya aja. kenapa mikir gitu? soalnya ternyata anggota kelompokku banyak yang anak ormawa jadi ya mikirnya mereka udah kebiasa kerja sat set. RENCANANYA SIH GITU. tapi ternyata h-2 penerjunan gue kok jadi rewel ya??? tapi ya gimana ga rewel, masalah ngangkut barang aja kek gajelas banget. kek ada opsi gampang tapi dibikin yang susah-susah. dan yang lebih ngeselin lagi kenapa gaada yang concern gitu loh kek ituu barang-barang lo kalo ilang gimana. tapi yodah deh mungkin gue yang overreact? tp nggakk sih kalo kata gue. tp tp tp untunganya aman semua tu barang. tp tetep kesel kenapa milih opsi yang ngeribetin diri sendiri.

hari pertama so far so good. malem-malem main uno anddd iya seru. diksusi tipis-tipis doang. dan excited bangett pas pertama kali panen terong wkwk. mulai agak bergejolak tuh pas persiapan persuli, jadi tuan rumah lagi. harus nyiapin bmc yang ternyata kek banyak banget isinya. mau gamau harus selese, mau gamau harus ngarang aja biar cepet. toh diajakin diskusi juga pada gajalan. OH YA. kan diawal gue gapengen keliatan mencolok akhirnya milih aja jadi perkap. tapi ternyata my anxiety soul can't accept this situation yak. karena berhubung gue bawa LAPTOP, jadi yodah deh jobdesk sekretaris gue kerjain dulu. bukan apa-apa sih, cuman gamau kelompok (yang ada guenya) kerjaannya ga selese. eh tapi keterusan. ingetku pas malem sebelum persuli gue kek riweh banget ngecek ini itu kelar kaga, sampe ikutan ngerjain video, ikutan bikin (baca: nyicip) cemilan buat persuli, pokoknya cuman pengen make sure everything is done buat besok. dan alhamdulillah berjalan lancar. ya ada drama sih itu gobak sodor. gamau bilang apa-apa tapi yaaa everyone should do their jobdesk. 

nah abis-abis itu masih oke-oke aja sih masihh asik main uno mulu tiap malem. di minggu kedua ini jadwalnya proker gue. emang gue akalin jadwalnya cuman sampek minggu keempat awal aja biar gue bisa lebih longgar diakhir. everything goes well.  ga seberapa menarik sih proker gue cuman presentasi gitu doang. nah yang lumayan berkesan tuh pas penyuluhan kesgilut ke anak MI. duh mereka tuh aktif banget anaknya, moodbooster banget pas ngajarin mereka (jadi pengen punya anak tau ga). itu berkesan si, dan yang bikin enak lagi tuh lebih efisien aja kerjanya soalnya gabawa banyak orang cuman kordes sama anak kesehatan aja. key sip no problem with my project.

pertama kali nangis di kkn an tuh pas ditelfon ibuk. kekk kangen pol. duit juga abis. jadi kek penyelamat banget itu waktu ditelfon wkwkw. kalo the real nangis beneran tu pas that one discussion di pendopo baldes sumbergading tercinta. kek gue lagi chill ngedit foto eh tbtb bahas proker indiv. i wont give the detail but kali itu gue ngerasa dibentak so yaudah kalo gue ngerasa bener ya ga bakal ciut gue (ada waktunya sendiri ya buat ciut wkwk) yaudah sih ngomong aja apa yang gue plan, toh yang nulis laporan perkembangan juga gue. abis tu akhirnya ngajak keluar deh satu bocah dan jiahhh langsung nangis ga lu. dan momennya gaenak banget ya lagi nangis eh tbtb tu motor bannya bocor. tapi gpp sih jadi bisa cerita sambil nunggun itu motor dibenerin. saling nguatin dan saling introspeksi aja sih bisanya pas itu, and tentu clearing my mind.

key next. lama-lama kok gue ngerasa ni kelompok progressnya gajelas. gaada strukturnya gaada arah kerjanya. mau didiskusiin tapi pada gabisa serius semua. dan bak pisau bermata dua, i guess ketua gue punya satu personality yang sama kayak gue which is gasuka kalo waktunya serius malah dibercandain, gasuka kalo tiap berpendapat tiba-tiba dipotong, gasuka kalo gaada yang dengerin pas ngomong. eh banyak ya ternyata. ya intinya gitu. apalagi gue perlu nyatetin hasil diskusi jadi puyeng ga tuh kalo gue harus dengerin debat kusir. alhasil gue diskusi langsung sama pj nya masing-masing, iya gue yang nunjuk. biar cepet kelar ya gaada maksud apa-apa. dan gue nunjuk juga ga asal nunjuk. i know what im capable of, and if i can't, i will ask the person i trust who can hadle that. but still emang salah cara gue dan itu jadi eval juga buat gue. udah selalu kebiasa tugas dibagi, dihandle, dikerjain, dideadline, sesuai timeline. im not even a perfectionist. kerjaan gue sendiripun ga pernah gue nuntut harus sempurna, yang penting tuh apa? yang penting kelar ges. again, i'm not even a perfectionist yet we still work below the bare minimum. that's really make my anxiety jumps out. i'm so sorry. 

udah mulai gaenak atmosfernya. gue pun akhirnya jadi menarik diri perlahan. kek udah capek banget yang ada di otak, tapi gaada yang ngertiin lu. misal itu desa ga banyak kuburan, tiap hari gue keluar malem deh sendirian. tambah gaenak lagi setelah ni kelompok kebagi jadi gatau deh berapa yang jelas gue selalu bisa dengerin dari dua perspektif yang berbeda. and of course itu burdening banget buat gue. tapi yaudah dijalanin aja. i'll do what i think was right. mau orang ngomong apapun, i will do what i know its right. semua cerita-cerita ditampung aja, gausah dimasukin ke hati. tar capek sendiri. diiyain aja. semua orang pasti punya kekurangan masing-masing but we can choose how to react to it. 

draining banget ya. sebenernya yang bikin kek gini tuh ya gara-gara disini ga cuman main, tapi juga ada tanggung jawab. kalo masalah main mah seru, seru banget. apalagi gue yang dasarnya emang jarang ngumpul sama banyak orang. tapi kalo boleh jujur emang lebih banyak capeknya, sedihnya. can't blame siapapun sih. emang susah namanya ngumpulin 9 karakter jadi 1 rumah. kek pasti adaaa aja yang keliatan ga srek tapi mau gamau harus tetep go with the flow. 

kalo dibilang gue prefer kerja sendirian tuh sebenernya nggak juga. i just know apa yang gue bisa, dan kalo bisa ya gue kerjain. kalo gue gabisa, ya gue bilang, dan pasti dihandle orang lain yang lebih bisa, nah terus gue dibawah aja gapapa. tetep kerja sama-sama juga kan akhirnya. menurut gue itu udah common sense banget. tapi akhirnya ada clash juga yang mau gamau gue juga harus ngikutin. when ada 2 kerjaan, bisa bagi tugas. tapi tetep kekeh semua harus ngerjain. kek wasting time and energy. dan toh akhirnya gue juga banyak plonga-plongonya. bantu dikit trus udah. padahal kalo bagi tugas gue udah bisa ngelarin hal-hal lainnya, yang tentunya itu juga tanggungan kelompok ya. gue pasti selalu dahuluin tugas kelompok dulu daripada tugas indiv. logbook indiv tuh selalu kelarnya h-2 jam persuli lol. tapi yaudah deh go with the flow lagi. udah gaada energi buat rewel. udah gaada energi buat complain ke hal-hal yang menurut gue menganggu. 

skip skip skip. intinya gue ga pengen apa-apa selain tugas kelarin dulu baru main. itu aja. jujurly gue gapengen ada drama-dramaan tapi ya gabisa. pasti ada yang gasuka ini gasuka itu. ya termasuk gue juga, tapi gue selalu keep that for myself and find the solution on how i should deal with that. profesional and please please please everyone who read this jangan pernah menyinggung orang mau jadi bercandaan doang atau gimana. if you have a problem with them, talk clearly. jangan pernah menyinggung orang lain right in front of their face. you don't know what they are going thru. kalo emang gasuka, ya dinasehatin properly. 

belom selese ceritanya. singkat cerita udah selesai tapi masih ada beban yang harus dikerjain which is laporan. kalo boleh jujur sebenernya gue orangnya lebih berorientasi ke hasil daripada proses. eh tapi ga gitu sih. gue pasti belajar banyak hal dari proses itu, tapi bukan berarti hasil itu ga penting. kek percuma ga sih lu udah capek-capek berprogress tapi gaada yang dilaporin. coming with that mindset akhirnya demi gue sendiri ya gue rangkep deh semua kerjaan yang bisa gue kerjain. soalnya tuh laporan juga butuh segala jobdesk if i can say bagian dokumentasi. dah lah daripada ribet nyuruh2 gue cari sendiri, pindahin sendiri, oh ya keknya gue juga pernah deh semaleman ngalungin kamera. tapi gapapa gue bisa yaudah kerjain. udahh gaada energi buat minta bantuan. jangankan minta bantu, minta koreksi aja susah. tapi yaudah yang penting kelar. 

eh belom deng belom kelar, the moment i write this post ni per kkn an masi belom kelar wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk. but atleast my responsibility udah done. gue udah pasrah dan percaya aja with what i have done. everything will eventually turns well. i believe that. cuman OMG wkwkwk

that's it. sengaja emang cuman bahas dukanya. soalnya bagian suka-sukanya udah diupload di instagram ya heheee love you all. kalo masalah seneng-seneng mah selalu update ya. kalo dukanya gue nulis gini tuh sekalian buat evaluasi diri. karena ternyata going with this flow jadi ikutan ke kuliah gue flownya. gue jadi slow down asli. hayoloh. yuk upgrade diri lagi. don't let you down, don't let everyone let you down. 

and about the memories i'll learn from the mistakes i did and i'll curve everything good in my heart, forever. <3

You May Also Like

0 komentar