Secukupnya

by - Februari 12, 2023

Kita semua gagal, ambil sedikit tisu, bersedihlah secukupnya

aaaa aaa aaa aaa~ secukupnya

Salah satu penggalan lirik lagu yang ngegambarin awal tahunku, hehe. 

Tahun ini, 2023, banyak banget hal-hal yang harus aku capai. Buat banggain orang tua, buat banggain diriku sendiri. Tahun ini aku harus wisuda S1 dan harus lanjut profesi. Huhhh berat banget ya.


Awal tahun, bulan Januari, aku udah ngerasa 'bisa ga ya ngelewatin bulan ini?' 'bisaa ga yaa? takut banget kalo gagal'. Ternyata setelah dilewatin, yaudah kelewat begitu aja. Hehe, boong sih. Awal tahun ini takut mau ngejalanin hidup, takut ditinggal pasanganku, takut skripsiku gagal, takut ibu aku gabisa kirim uang lagi, takut. Kalo dipikirin tuh sedih banget, tapi ternyata pas dijalanin ya ga sesedih itu kok.  Namanya juga hidup, pasti ada gagalnya. Kalo mau sedih ya gapapa sebenernya, tapi secukupnya aja. Hidup tuh jalan terus, kalo ga aku sendiri yang bangun terus siapa yang mau lanjutin hidupku?

1. Perkara Tugas

Sebenernya aku gamau nulis tentang skripsi dulu di blogku sampek skripsiku bener-bener udah dibendel, tapi gapapa deh ya tuangin dulu daripada numpuk semua pikiran. Bulan Januariku full ngurusin anak-anakku tercinta mencita mus musculusa. Udah sepenuh hati aku ngerjainnya satu bulan penuh, tapi apa hasilnya? Ga ada data yang bisa dipakai, hehe. Ya gagal kan ya namanya. Sedih, tapi ya gimana lagi. Kalo gagal ya diulang lagi sampai berhasil, kan? Masa mau nyerah sih. Ga lah. Orang aku masih punya temen yang nemenin ngerjain, masih punya dosen pembimbing yang mau nuntun, masih punya orang tua yang masih sanggup ngebiayain, masih punya diriku sendiri yang belom mau nyerah. Gapapa, aku yakin aja kalo dikerjain sepenuh hati, ikhlas, telaten, sabar pasti bakal selesai kok. Di tahun ini aku udah peningkatan loh. Soalnya di akhir tahun kemaren tuh udah kepalaku isinya insecure mulu. Insecure kok orang-orang bisa sih kelar, ntar yang dateng ke semproku siapa ya, ntar kalo aku gabisa lulus semester depan gimana ya. Udahlah mental tempe banget pokoknya. Kalo sekarang insyaAllah udah mantep kerja keras dan kerja ikhlas.  


2. Perkara Romansa

Aku pernah baca kalimat 'If you never heal from what hurt you, you'll bleed on people who didn't cut you'. Aku tahu banget aku lagi ga baik-baik aja saat itu. Aku butuh banyak perhatian, aku butuh banyak pengalihan. Sisi gelapnya adalah aku bakal nyari ketenangan yang aku mau walaupun itu berarti aku harus nyakitin orang lain. Aku beneran capek diribetin sama skripsian, pengen istirahat tapi rumahku gaada. Dan harus aku akui aku jahat banget disini, tapi jujur aku juga gamau berakhir kayak gini. Daripada kita dua-duanya gagal, yaudah kayaknya kita akhiri dulu disini. Nanti ketemu lagi kalo sama-sama stabil, ya? Aku gamau gara-gara aku yang kayak gini, jadi nyakitin kamu. Aku belum mau tanggung jawab atas kebahagiaanmu, dan kamu pun gaperlu tanggung jawab atas kebahagiaanku, kok!


Itu dulu aja deh yang aku tulis. Masa mau aku tulis semua, jadi keliatan dong kalo aku manusia banyak gagalnya wkwk. Tapi sebenernya kalo dipikirin lagi, tiap kegagalan tuh pasti ada kok pelajaran yang didapet. Ga serta merta yang udah kita usahain itu semua hilang saat kita gagal. Gagal tuh gapapa, sedih juga gapapa. Secukupnya aja, jangan berlarut-larut. Bangkit terus, pokoknya!



You May Also Like

0 komentar